Selasa, 20 November 2012

Materi Penjas (Sepak Bola) Kelas X

`MODUL
Standar Kompetensi                 : 1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan   olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar                    : 1.1. Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
Indikator                                   : 1. Menggunakan formasi,bentuk,dan strategi pola penyerangan 4-2-4 dalam permainan sepak bola
2.    Menggunakan berbagai formasi,bentuk, dan strategi pola pertahanan dalam permainan sepak bola.

Materi Pokok / Uraian Materi

1.        Taktik atau Strategi
Taktik adalah siasat atau cara yang digunakan pada saat pertandingan untuk mencari kemenangan secara positif.taktif  cenderung bersipat temporal
Strategi ialah siasat atau cara yang dipergunakan sebelum pertandingan untuk mencari kemenangan secara positip. Jadi strategi lebih bersipat permanen tapi tidak menutup kemungkinan dilakukan perubahan tergantung situasi dan kondisi.

a.                                                                                                                 Perbedaan antara Strategi dan Taktik dalam Olahraga

Hal yang harus diperhatikan dalam strategi adalah sebagai berikut:

1.         Siasat direncanakan sebelum pertandingan
2.         Kondisi,tempat,alat,asrama dan makanan agar disesuaikan dengan keadaan pertandingan yang dihadapi.
3.         Perang saraf dengan lawan yang akan dihadapi (media massa,elektronik dan cetak)
4.         Observasi kekuatan lawan (melalui pertandingan lansung, rekaman video)
5.         Latihan mengotomatiskan system, pola,tipe bertahan dan menyerang baik bersipat individu, grup dan tim.
6.         Pelatih lebih berperan daripada pemain dalam pembentukan dan penetapan strategi bermain sepak bola.

Hal yang harus diperhatikan dalam taktik adalah sebagai berikut :

1.         Siasat yang dikerjakan pada saat bertanding.
2.         Cara mencari senjata yang tepat untuk mangalahkam lawan secara efisien dan efektif.
3.         Menentukan sikap dan tindakan yang cepat,tepat dan cermat untuk mangalahkan lawan.
4.         Atlet lebih berperan daripada pelatih dalam tindakan taktik karena atlet langsung menghadapi masalah dalam lapangan pertandingan.
5.         Taktik belum tentu selaras dengan strategi dalam penerapannya.
b.                                                                                                                Macam-Macam Taktik dan Tahapan Tindakan Taktik

1.      Taktik perorangan ialah siasat yang dilakukan oleh perorangan untuk mencari kemenangan dalam pertandingan secara sportif.
2.      Taktik kelompok ialah suatu siasat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih tetapi grup yang melakukan taktik kurang dari jumlah seluruh tim.
3.      Taktik penyerangan ialah suatu siasat yang dijalankan baik oleh perorangan,grup atau timterhadap lawan dengan tujuan untuk memimpin pertandingan dan mematahkan pertahanan lawan dalam mencari kemenangan bertanding secara sportif.
4.      Taktik pertahanan ialah suatu siasat yang dilakukan perseorangan,grup maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan.

2.      Formasi Permainan Sepak Bola

Pada dasarnya yang dimaksud dengan formasi dalam permainan sepak bola adalah cara penempatan posisi dan pembagian tugas dari setiap pemain sesuai dengan tanggung jawabnya dalam suatu tim. Biasanya penempatan pemain pada formasi tim ditentukan oleh pelatih baik pada saat menyerang maupun pada saat bertahan.

Susunan pemain atau formasi pemain dalam sepak bola cukup besar pengaruhnya terhadap hasil akhir pertandingan. Bagi seorang pelatih mengatur kesebelasan pemainnya dengan memberi fungsi dan tanggung jawab setiap pemain adalah tugas yang harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Susunan pemain sebuah tim sepak bola dapat berubah-ubah sesuai dengan strategi dan taktik pelatih,kualitas materi pemain dan spekulasi terhadap taktik permainan lawan.


2.      Pola Pertahanan dan Penyerangan

Sepak bola mengandung dua unsur pokok permainan yaitu sistim menyerang dan sistim bertahan. Sistim pertama ( attacking football) untuk memperoleh kemenangan. Sistim kedua adalah bermain dengan cara bertahan (devensive football) tetapi tetap berharap dengan kemenangan pada akhir pertandingan.

Dalam menurunkan seorang pemain pelatih hendaknya memperhatikan kondisi fisik dan kesiapan mental setiap peminnya. Dengan demikian strategi atau taktik yang tepat dan upaya memberikan motivasi kepada pemain sangat besar perannya dalam membantu daya juang dan motivasi pemain.

a.       Susunan Pola Pertahanan
1.      4 – 3 – 3
2.      4 – 4 – 2
3.      5 – 4 – 1
4.      5 – 3 – 2

b.      Susunan Pola Penyerangan
1.      3 – 4 – 3
2.      3 – 3 – 4
3.      3 – 5 – 2
4.      3 – 3 – 3 – 1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar